contoh RPP dengan metode mencari pasangan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                                 :

Mata Pelajaran                                   :

Kelas / Semester                                 :

Standar Kompetensi                         :

Kompetensi Dasar                              :

Indikator                                              :

Alokasi waktu                                     :

SMP

Ekonomi

VIII / I

4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat

4. 3  Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat

  1. Mendeskripsikan pengertian pasar
  2. Mengidentifikasi kedudukan pasar dalam perekonomian masyarakat
  3. Mengidentifikasi bermacam-macam jenis pasar.
  4. Mempraktekan proses jual beli yang terjadi di pasar

6 x 40 menit

I   Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pelajaran siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian pasar
  2. Menjelaskan kedudukan pasar dalam perekonomian masyarakat
  3. Menyebutkan macam‑macam pasar beserta contohnya masing‑masing
  4. Mendemonstrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar

II   Materi Pembelajaran

  • Pengertian pasar
  • Kedudukan dan fungsi pasar
  • Macam-macam pasar
  • Penilaian sederhana tentang pasar

III     Metode Pembelajaran

* Mencari pasangan

IV     Langkah ‑ langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

• Pendahuluan

1. Guru mengkondisikan kelas

2. Memperkenalkan materi yang akan diajarkan

3. Apersepsi dan memotivasi siswa

• Kegiatan Inti

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian untuk soal dan  bagian lainnya kartu jawaban
  2. Setiap siswa mendapat satu kartu
  3. Tiap siswa memikirkan soal/jawaban dari kartu yang dipegang
  4. setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban).
  5. Siswa bisa juga bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainyang memegang kartu yang cocok
  6. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartu sebelun batas waktu di beri poin
  7. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  8. kesimpulan

• Penutup

1. Guru menyimpulkan hasil materi

2. Guru memberikan tugas pada siswa

Pertemuan 2

• Pendahuluan

1. Guru mengkondisikan kelas

2. Memperkenalkan materi yang akan diajarkan

3. Apersepsi dan memotivasi siswa

• Kegiatan Inti

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian untuk soal dan  bagian lainnya kartu jawaban
  2. Setiap siswa mendapat satu kartu
  3. Tiap siswa memikirkan soal/jawaban dari kartu yang dipegang
  4. setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban).
  5. Siswa bisa juga bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainyang memegang kartu yang cocok
  6. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartu sebelun batas waktu di beri poin
  7. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  8. kesimpulan

• Penutup

1. Guru menyimpulkan hasil materi

2. Guru memberikan tugas pada siswa

Pertemuan 3

• Pendahuluan

1. Guru mengkondisikan kelas

2. Memperkenalkan materi yang akan diajarkan

3. Apersepsi dan memotivasi siswa

• Kegiatan Inti

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian untuk soal dan  bagian lainnya kartu jawaban
  2. Setiap siswa mendapat satu kartu
  3. Tiap siswa memikirkan soal/jawaban dari kartu yang dipegang
  4. setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban).
  5. Siswa bisa juga bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainyang memegang kartu yang cocok
  6. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartu sebelun batas waktu di beri poin
  7. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  8. kesimpulan / pemberian skor akhir

• Penutup

1. Guru menyimpulkan hasil materi

2. Guru memberikan tugas pada siswa

V   Alat / Bahan dan Sumber Ajar

1. Buku Paket / LKS

2. Buku penunjang

3. Pasar/toko/swalayan/mol

VI   Penilaian

a. Teknik Penilaian

1. tes Ter‑tulis

2. Skor

b. Bentuk Penilaian

1. Tes Uraian

2. Tes Pilihan ganda

3. Skor mencari pasangan

c. Instrumen :

* Kartu berisi konsep materi

* Tes uraian

1. Tuhskan 4 syarat tezjadinya pasar !

2. Tuliskan 3 macam ciri‑ciri pasar konkrit !

3. Jelaskan peranan pasar bagi masyarakat !

* Tes Pilihan ganda :

1 . Pengertian pasar yang paling sesuai dengan ilmu ekonomi adalah …..

a. tempat penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli

b. kesepakatan yang dibuat bersama antara penjual dan pembeli

c. bertemunya permintaan dan penawaran atas barang yang diperdagangkan

d. tempat berkumpulnya banyak orang untuk medapatkan kebutuhan

Kendari,        Juni   2008

Mengetahui,

Kepala Sekolah


xxxxx


Guru Mata Pelajaran

Guru


2 Komentar (+add yours?)

  1. lucky
    Apr 21, 2010 @ 22:18:29

    tlong dong klo ada metode2 mgajarx jg bro…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: