KONSEP DASAR PENELITIAN PENDIDIKAN

A. Pengertian Penelitian

penelitian adalah merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dengan maksud untuk mendapatkan informasi ilmiah mengenai serentetan peristiwa dan dalam rangka pemecahan suatu permasalahan.

Ditinjau dari segi proses, penelitian merupakan berbagai kegiatan yang meliputi mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisa data/ peristiwa/ informasi, serta interpretasi dan pengambilan kesimpulan.

Dari segi pendekatan penelitian merupakan kegiatan dengan mempergunakan pendekatan-pendekatan ilmiah (metode ilmiah).

Dari segi tujuan suatu penelitian dilakukan untuk menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam rangka memecahkan permasalahan-permasalahan balk untuk kebutuhan secara praktis maupun teoritis.

Metodologi penelitian adalah ilmu tentang tata cara (metode) melakukan penelitian, atau ilmu tentang cara meneliti. Dengan demikian penelitian akan menghasilkan karya yang optimal dan kesimpulan akan dapat diberlakukan secara umum atau dapat dipertanggungjawabkan manakala penelitian tersebut dengan menggunakan cara-cara keilmuan atau metodologi yang lazim dipergunakan dalam penelitian ilmiah, (Supardi, 2005 : 9 – 10).

Penelitian pendidikan adalah cara yang digunakan orang untuk mendapatkan informasi yang berguna dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dari proses penelitian, (Arief Furchan, 1982 : 44).

Penelitian pendidikan dapat jugs disebut sebagai suatu proses pengumpulan data atau informasi yang sistematis dan analisis yang logis terhadap informasi atau data untuk tujuan tertentu, (Ibnu Hadjar, 1996: 10). Menurut Sukardi (2003 : 3), penelitian adalah cara pengamatan guna mencari jawaban terhadap suatu permasalahan.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpuikan bahwa penelitian adalah merupakan suatu prosedur ilmiah dalam mencari informasi atau data untuk dianalisis guna menjawab permasalahan yang terjadi.

B. Tujuan Melakukan Penelitian

Tujuan melakukan penelitian adalah untuk menemukan permasalahan baru, berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, dan menguji hipotesis.

C. Manfaat Mempelajari Metode Penelitian

Manfaat atau kegunaan mempelajari metodologi penelitian adalah:

  1. Seseorang akan mempunyai pengetahuan, dan pengertian dari dasar-dasar penelitian yang benar.
  2. Seseorang akan mengetahui kegiatan penelitian pada ruang Iingkup  permasalahan   dan bidang kegiatan       manusia secara spesifik (misal, Iingkup penelitian kependidikan akan berbeda dengan Iingkup penelitian kedokteran, penelitian sosial. penelitian agama dan lain sebagainya).
  3. Menyadarkan pada diri seseorang balk mereka yang berada di dunia usaha (perusahaan), dunia pendidikan, kependudukan dan lain sebagainya dalam tugas menemukan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masaiah-masalah yang dihadapi balk kepentingan praktis maupun teoritis.
  4. Mengembangkan dan meiatih seseorang memiliki “sikap ilmiah” (kritis, skeptis, analitisdanlogis).
  5. Mampu mengembangkan diri menjadi penulis karya ilmiah yang balk, artinya bahwa dengan kegiatan penelitian akan mampu mendidik seseorang untuk menulis secara ilmiah dalam bentuk laporan has!’ penelitian yang dapat dipertangung-jawabkan.
  6. Kegunaan-kegunaan lain balk secara pribadi maupun institusional sesuai dengan kegiatan penelitian yang dilakukannya.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: