Konsep Dasar Statistika

KONSEP DASAR STATISTIKA

Pengertian Statistik dan Statistika Istilah statistik adalah istilah yang sangat popular kita dengar, bahkan disemua kantor ada statistik. Karena seringnya penggunaan istilah statistik ini maka pada umumnya orang tidak dapat membedakan mana statistik, dan mana statistika. Sebagai contoh pengarang buku statistika, masih banyak yang menggunakan istilah statistik. Antara statistik dan statistika berbeda.  Dalam pengertian yang sederhana statistik adalah data; misalnya harga barang A, jumlah penduduk suatu daerah, angka kecelakaan, Hasil Pilkada yang menunjukkan persentase (%) perolehan suara setiap calon, dll. Dalam pengertian yang lebih luas, statistik adalah kumpulan data dalam bentuk angka, maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk tabel (daftar), atau digram yang menggambarkan suatu keadaan atau kaitan suatu hal tertentu; misalnya:

  1. Statistik penduduk, adalah kumpulan angka-angka yang berkaitan dengan masalah penduduk.
  2. Statistik ekonomi, adalah kumpulan angka-angka yang berkaitan dengan masalah ekonomi.Statistik pendidikan, adalah kumpulan angka-angka yang berkaitan dengan masalah pendidikan.

Statistik juga menyatakan ukuran atau karakteristik pada sampel, seperti nilai rata-rata, standar deviasi, variansi, dan koefisien korelasi. Statistika adalah ilmu. Secara sederhana statistika adalah pengetahuan yang berkaitan dengan statistik, atau statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik. Dalam arti luas statistika adalah pengetahuan yang berkaitan dengan metode Pengumpulan data, Pengolahan data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan, dan atau menginterpretasikan hasil analisis data.

Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensi

Statistika deskriptif adalah statistika yang berhubungan dengan metode mendeskripsikan data, menggambarkan data, menjabarkan data, atau menguraikan data.  Statistika deskriptif  mengacu pada bagaimana menata atau mengorganisasikan data agar data tersebut dapat dimengerti orang yang membaca atau yang membutuhkan. Cara menata data secara deskriptif pada umumnya adalah menyajikan data dalam bentuk: nilai rata-rata hitung, median, modus, standar deviasi, varians, persen/proporsi, tabel distribusi frekuensi, dan diagram atau grafik.Statistika inferensi adalah statistika yang berhubungan dengan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakteristik atau ciri dari suatu populasi. Pada statistika inferensi biasanya dilakukan pengujian hipotesisi dan pendugaan mengenai karakteristik dari suatu populasi seperti mean dan standar deviasi. Generalisasi perlu karena data yang dianalisis pada umumnya adalah data sampel yang dianggap wakil dari populasi.

Data Statistik

Dalam statistika kita mengenal beberapa jenis data, tergatung kontesnya. Data adalah informasi dari atau tentang sesuatu gejala. Data dapat berupa angka yang disebut data kuantitatif, yang nilainya dapat berubah-ubah. Berdasarkan nilainya dikenal dua jenis data kuantitatif yaitu data diskrit dan data kontinu. Data diskrit diperoleh dari hasil perhitungan, seperti:

  1. Universitas Terbuka menerima 30 mahasiswa baru.
  2. Bu Yanti mempunyai 3 buah rumah.

Data kontinu adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran, seperti:

  1. Tinggi Badan Amir 170 cm
  2. Luas Tanah pak ahmad 10.000 m2

Data yang bukan angka disebut data kualitatif. Data ini berbentuk kategori atau atribut, misalnya manis, rusak, gagal, rajin, baik, disiplin, cerdas, sembuh, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: